New Lessons (Linux DSL & Firefox)

hmm.. udah brapa lama gw gak nulis postingan yang panjang ya.. gak inget deh.. gara-gara sibuk (atau menyibukkan diri) dengan surfing sepanjang hari. melanjutkan baca artikel-artikel yang menarik buat gw.. trus ngikutin berita bola, ama perkembangan dunia komputer, terutama firefox yang baru naik kelas jadi 1.5, web design (css, ajax, ama content manager namanya drupal; spreadfirefox contohnya), ama linux.

LINUX? yep.. linux.. fikroh (ide) ini gw dapet karena pengen ganti haluan komputer dudut gw di rumah dari w98 ke linux. abis gw bete setiap minggu pasti ada anak rumah yang komplain.. "komputernya error", "ini kok gak bisa dibuka?", "hang lagi tuh", dan lain-lain. capek benerinnya.. manfaatnya gak nambah-nambah. trus, kegiatan sehari-hari gw alias design web terhambat karena tu komputer emang gak kuat jalanin photoshop. itulah.. bapet (gagal) total.

dan setelah pusing-pusing (bahasa malaysia; jalan-jalan / keliling-keliling) di dunia maya, bertemulah gw dengan linux com dan org. dari situ pusing-pusing lagi nyari distro yang cocok, bertemu juga dengan DSL. seperti, damn small! dengan isi yang banyak! dari browser (firefox pastinya), games, multimedia player, graphic editor (ini yang penting), office programs, ampe yang laen-laen yang gw sendiri blom ngerti, dan bakal gw coba untuk mempelajarinya. desktopnya juga keren, namanya fluxbox, bisa diganti dengan desktop aliran lain sesuai selera (ntar klo udah ngerti caranya). selain fluxbox ada juga JWM, tampilannya mirip windoz.. ada taskbarnya gitu.

dan tahukah anda berapa besar installation filenya untuk semua yang udah gw sebutin tadi? 50 MB!! ya.. kurang lebih segitu.. setelah diinstall (katanya) kita cuma butuh mentok 2 GB, tapi gw pasang 3, kli aja butuh.

linux nggak kurang apa-apa, semuanya bisa diutak-atik.. bisa ditambahin, bisa dikurangin.. asal ngerti aja hehehe.. klo udah bisa nginstall DSL ntar gw mau coba pasang GIMP, klo kuat. klo nggak kuat pake graphic editor yang ada aja udah lumayan koq. rencana juga pake GRUB biar bisa multiple boot gandeng DSL ama w98 ama linux dari latvia called austrumi; mirip DSL tapi gamesnya lebih banyak. =D

ternyata banyak sekali efek samping belajar linux. gw jadi tau cara yang lebih cepet buat download web, pas lagi ngumpulin tutorial linux. sebelumnya gw udah ngider-ngider nyari program yang cocok. dapet webzip ama httrack, bisa tapi gak sesuai yang gw inginkan, ya lambatlah.. ya terlalu komplitlah.. kan gak resep. ternyata, cuma make firefox aja udah bisa.. dengan cara nginstall extension DownThemAll!. pake ini gw bisa nyortir apa aja yang mau gw install.. enak banget.. seperti tertulis di komentarnya, "who needs external download tools?". bener kata tu orang. so cool!

trus jadi lebih tau dasar-dasarnya komputer, setelah selama ini mikrozovt (note: bahasa special yang gw liat di forum-forum linux, gak pernah nulis micro5oft dengan tepat) gak pernah ngasih tau. dan jadi lebih tau lagi apa kekurangan windoz. beberapa yang gw tau baru 2 ini:
- primary partition sebenernya batas maksimalnya 4. tapi ama (MS)DOS cuma bisa buat 1 doang. karena OS di bawah XP (katanya, gw sendiri blom sukses nginstall linux =P) cuma bisa baca 1. kelemahan windoz.
- kenapa linux dikatakan jarang kena virus? karena punya "noexecute". andai ada virus juga perkembangannya akan sangat lambat sekali. dan ini gak dimiliki oleh windoz (sumber anonymous).

oleh karena itu (walaupun blom lulus), i love linux! i love open source!
but i'm not planning to leave windoz.. i love it too.. but number two.. hihihi..

Comments

Popular posts from this blog

I Feel Good

Really I Do

Be Stronger